Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Pumpkin Marble Cake

http://jehsee.blogspot.com/2017/05/pumpkin-marble-cake.html
Bismillah..
Sudah beberapa kali bikin pumpkin marble cake ala Ummu Fatima ini. Dan tiap kali bikin cepet banget abisnya dan anak-anak masih minta lagi. Sama deh kaya anak-anaknya Ummi, itu duo krucil begitu udah nyomot satu eh balik lagi balik lagi, ga bisa berenti makan sebelom abis. Emang beneran enaak.. Teksturnya spongy, lembuut dan tentunya super moist. Ya iyes lah ya, pake labu kuning gitu lhoh.. Labu kuningnya berasa samar-samar tapi khas. Warnanya pun jadi gonjreng cantiiik.. Dan karena teksturnya yang spongy, maem banyak ga bikin mblenger kenyang kok. Cucoklah pokoknya, hihi..


Dan tiap kali bikin juga, cakenya memang selalu menyusut dan agak berpinggang. Tapi ya wajar karena selain resep cake ini tanpa bahan pengembang, kandungan labu kuningnya juga otomatis membuat adonan cake menjadi lebih 'berat'. Kalo dipotongnya macem round cake seperti cake marmer pak Sahak atau sour cream chocolate cake gitu jadinya kurang cantik. Jadi supaya tetep cantik, bagian pinggirnya saya trim dan saya potong sedemikian rupa. Apakah bagian yang ditrim dibuang? Ngga dong, tetep dimaem... enak kok :) Cuma ga ikut poto aja..
Ummu Fatima pake loyang persegi ukuran 18x18cm, kalo saya pake loyang bulat diameter 18 cm jadi hasilnya sedikit lebih tinggi..


http://jehsee.blogspot.com/2017/05/pumpkin-marble-cake.html

Pumpkin Marble Cake


Bahan
4 butir telur, suhu ruang
200 gr labu kuning (tanpa kulit), kukus dan haluskan
150 gr tepung terigu serbaguna/protein sedang
100 ml minyak sayur
100 gr gula pasir
2 sdm coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air hangat

Cara membuat
1. Panaskan oven 180 C. Olesi loyang persegi 18 cm (saya pakai loyang bulat diameter18 cm) dengan mentega atau margarin kemudian taburi tepung. Sisihkan
2. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga mengembang (kira-kira 5-10 menit). Turunkan kecepatan jadi terendah, masukkan tepung dan aduk perlahan. Setelah rata masukkan labu kuning, aduk asal rata.
3. Tuang minyak, aduk asal rata. Matikan mikser (saya aduk balik pake spatula)
4. Ambil 2 sdm sayur adonan. Tambahkan coklat bubuk yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk rata
5. Tuang adonan labu kuning ke loyang. Tuang adonan coklat di atasnya di beberapa titik kemudian buat motif marmer dengan sumpit atau pisau atau garpu
Panggang selama 40 menit atau matang. Lakukan tes tusuk (Ummu Fatima: panggang 30 menit dengan suhu 180C kemudian diturunkan 160 C dan panggang lagi 10 menit)

http://jehsee.blogspot.com/2017/05/pumpkin-marble-cake.html
Selamat mencoba :)

Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Pindang Tuna Mantap

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa