Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Pindang Tuna Mantap

http://jehsee.blogspot.com/2015/03/pindang-tuna-mantap.html

Bismillah..
Beberapa lalu ayah beli sekilo fillet ikan tuna yang gede-gedee bener. Jujur saya bingung mo diolah apa. Lha kebiasaan masak dan makan cuman ikan utuh biasa yang digoreng trus dinikmati pake sambel terasi :D

Setelah cari inspirasi di berbagai sumber, akhirnya saya bikin olahan ikan dengan kuah asem pedas yang segeeer.. Enak juga ternyata. Ikannya bisa juga diganti pake ikan biasa, bukan fillet gitu kamsudnya. Bisa utuh juga kalo ukuran ikan ga terlalu besar, atau bisa juga dipotong-potong. Ikannya jug bisa diganti ikan tongkol, sodara dekatnya tuna. Tapi kayanya pake kembung atau bandeng enak juga inih.. Jadi kaya gimana resepnya, yuk marii kira ceki-ceki..

Pindang Tuna
diadaptasi dari Sajian Sedap dengan penyesuaian

Bahan
500 gr fillet ikan tuna
2 sdt aur jeruk nipis/lemon
1 sdt garam
3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
1 cm jahe, memarkan
1 sdm garam (atau sesuai selera)
1/2 sdt gula pasir
1 sdt asam jawa
1 baang daun bawang, potong 2 cm
1,25 liter air
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus
8 butir bawang merah
3 siun bawang putih
1/2 sdt kunyit bubuk
3 cabai merah besar (tambahan cabe rawit atau keriting jika ingin pedas)

Cara membuat:
1. Lumuri ikan dengan air jeruk lemon dan garam. Diamkan 15 menit
2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus daun jeruk, serai, salam dan jahe sampai harum dan matang
3. Tuang air dan didihkan. Masukkan asam jawa, ikan dan garam-gula. Masak sampai matang
4. Tambahkan daun bawang sebelum diangkat. Cicipi & koreksi rasa. Matikan api

Selamat mencoba :)


Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa