Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

http://jehsee.blogspot.com/2017/05/nasi-uduk-rice-cooker-ayam-goreng.html
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice cooker.. Alhamdulillah suami doyan dan suka banget. Apa karna lama ga dibikinin nasi uduk kali yah, hehe..
Lalu blio menyarankan menu untuk undangan makan-makan di rumah pake nasi uduk dan pelengkapnya yang kaya gini aja. Siip.. fix deh, menu utamanya bakso komplit dan nasi uduk. Dan alhamdulillah seleranya pada sama kaya ayah, bakso dan nasi uduknya laris maniis.. Makasih yaa temen-temen yang udah pada maen ke rumah :)

Nasi Uduk Rice Cooker

Bahan
1 kg beras, cuci bersih
air secukupnya untuk menanak nasi
1 pak santan instan Kara (200 ml santan kental)
2 batang sereh, memarkan
4 daun salam
2 sdm garam

Cara membuat:
Campurkan semua bahan di atas dalam rice cooker, aduk rata. Nyalakan rice cooker. Begitu matang, aduk rata kemudian tutup lagi dan biarkan 10-15 menit dalam ricecooker opsi 'warm' hingga tanak.

Siap disajikan bersama pelengkapnya

Untuk temennya nasi uduk saya buat ayam goreng ungkep bumbu kuning. Abis diungkep ga usah digoreng juga enak lhoh. Bumbunya berasa banget, kak Aisyah malah doyannya yang begini. Kalo kata ayah rasanya udah mirip sama ayam Lengket yang di Klender. Nhah, kalo mo persis kaya ayam lengket yang di Klender itu gorengnya harus dengan minyak banyak dan sebentar saja ya. Yang penting kena minyak panas trus langsung diangkat.. Nhah saya sendiri jarang nggoreng model begitu..sayang minyak, hihi.. Biasanya saya goreng pake wajan datar dan minyaknya ga terlalu banyak. Asal udah kecoklatan, balik bentar trus diangkat.. dengan cara ini ayamnya juga ga rentan kering dan ga gampang alot/keras setelah dingin

Ayam Goreng Bumbu Kuning

Bahan
1 ekor ayam, potong-potong
1 batang sereh, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan (kemarin pas ga pake)
2 lembar daun salam
minyak untuk menumis
250 ml air

Bumbu halus
6 bawang merah
5 bawang puth
4 butir kemiri
1 sdt ketumbar
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt kunyit bubuk

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus besama sereh, lengkuas dan daun salam hingga wangi
2. Masukkan potongan ayam, bolak balik hingga berubah warna. Tambahkan air. Tutup wajan dan didihkan. Masak ayam dengan api kecil-sedang hingga bumbu meresap dan air menyusut (saya sekitar 40-45 menit). Angkat
3. Goreng ayam dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan

Untuk mie gorengnya masih dengan resep yang pernah saya posting disini. Kalo telur dadar rawisnya mah biasaa yah, cemplang cemplung dowang, hehe... Sambel kacang juga sih. Jadi sebenernya resep berikut adalah resep kira-kira :D
Yang penting mah diicip-icip saja yah, sesuaikan dengan selera buibu masing-masing :)

Sambal Kacang

Bahan
150 gr kacang tanah goreng, haluskan
2 bawang putih, rebus
2 cabai merah, rebus (tambahkan jika suka pedas)
1 sdt garam atau sesuai selera
1 sdm gula pasir atau sesuai selera
perasan jeruk lemon secukupnya (bisa diganti cuka atau nipis)
air hangat secukupnya

Cara membuat:
Haluskan bawang putih dan cabai merah, campurkan dengan kacang tanah. Tuangi air hangat secukupnya hingga tingkat kekentalan yang diinginkan. Tambahkan gula garam dan perasan jeruk koreksi rasa. Sajikan

Mau yang lebih simpel lagi? Beli sambel pecel siap pakai, seduh dengan aer panas, jadi deh...hihihi
Saya seneng banget kalo dioleh-olehin sambel pecel dari Indo, disini jarang nemu soalnya :D

Selamat mencoba :)

Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Pindang Tuna Mantap

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa