Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa


http://jehsee.blogspot.com/2015/03/dadar-gulung-isi-unti-kelapa.html
Bismillah..
Sudah lamaa banget niat pengen bikin dadar gulung isi unti kelapa lagi setelah berbulan-bulan ga bikin. Etapi tertunda terus, sampe trus akhirnya lupa. Hingga kemudian beberapa hari yang lalu diniatin bikin, sekalian mau diambil fotonya buat setoran ke #52wfpp. Tadinya saya mo bikin dengan warna-warni kulit dadar gitu biar cerah ceria. Tapi ternyata keinginan tidak sekuat malesnya. Jadilah cuman bikin satu warna original aja, ijo pandan, heheu..

http://jehsee.blogspot.com/2015/03/dadar-gulung-isi-unti-kelapa.html
Ini kemarin bikin kulit dadar gulungnya pake resep dari mba Ricke. Tapi isiannya kira-kira. Saya pake gula jawa semua karna pengen warnanya coklat. Tapi belom juga coklat ternyata rasanya udah cukup manisnya, jadi saya ga tambah lagi gula jawanya. Hasilnya jadi coklat ngga putih juga ngga, hihi.. Yang penting rasanya udah pas :)
Teman-teman monggo menyesuaikan selera masing-masing yah. Kalo mau unti putih, ganti gula jawanya pake gula pasir semua. Kalo mau dipadukan duo gula pasir dan gula jawa juga monggo...

Btw, diantara foto-foto ini ada 2 foto yang diambil dengan hp untuk saya setor ke #52wfpp. Bisakah menebak yang mana? pasti langsung bisa ya, keliatan banget soalnya, wkwkw. Baiklah, ini ga penting, abaikan saja.. :P Mari meluncur ke resep..

http://jehsee.blogspot.com/2015/03/dadar-gulung-isi-unti-kelapa.html

http://jehsee.blogspot.com/2015/03/dadar-gulung-isi-unti-kelapa.html

Dadar Gulung Unti Kelapa

Bahan Kulit
250 gr tepung terigu serbaguna/protein sedang
1/2 sdt garam
2 butir telur, kocok lepas
700 ml santan encer matang
secukupnya pasta pandan
margarin untuk olesan teflon dadar

Cara membuat:
1. Campur tepung dan garam kemudian masukkan ke dalam wadah. Buat lubang di tengah kemudian masukkan kocokan telur dan santan. Aduk hingga rata
2. Panaskan teflon ukuran 18-20 cm, oles dengan sedikit margarin (saat di awal saja). Tuang sesendok sayur dan ratakan. Masak hingga permukaan tidak lagi basah, tidak lengket saat disentuh. Angkat, ulangi hingga adonan habis

Supaya kulitnyabisa bopeng-bopeng khas kulit dadar, teflon harus sudah benar-benar panas saat adonan dituang.

Bahan Isi
200 gr kelapa parut kering
100 gr gula jawa
3/4 sdt garam
100 ml air
1/4 sdt vanili bubuk

Cara membuat
1. Panaskan air, gula dan garam + vanili bubuk. Terus aduk hingga gula larut. Masukkan kelapa parut kering. Aduk rata hingga kelapa menyerap air. Bisa ditambahkan air lagi jika kurang.
Unti kelapa tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering. Cicipi, angkat

Penyelesaian
Ambil selembar kulit, isi dengan unti kemudian lipat dan gulung.

http://jehsee.blogspot.com/2015/03/dadar-gulung-isi-unti-kelapa.html

Selamat mencoba :)

Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Pindang Tuna Mantap