Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Cupcake Tahu Isi Telur Puyuh


http://jehsee.blogspot.com/2017/05/cupcake-tahu-isi-telur-puyuh.html
Bismillah..
Cupcake tahu? Tahu dibikin cupcake manis buat dessert gituh? Nggaaa.. Ini tetep snack gurih kok. Sebenernya sama kaya tahu sakura gitu, cuman tahu sakura kan dicetaknya pake cetakan bunga sakura, nhah ini tahunya dicetak pake cetakan cupcake. Makanya saya kasi nama cupcake.. suka-suka yang bikin & kasih nama aja lah ya, hehehe..
Sebenernya udah terinspirasi bikin ini sejak liat postingan tahu isi di Momylicious. Jadi pas udah dapet telur puyuh, langsung dieksekusi deh. Kalo teh Ayu ditumis dulu biar makin gurih..kalo saya mah langsung kukus wae lah, soale cuciannya udah banyak hihihi..
Matur tengkyu ya teh, resep & inspirasinya :*

Jadi kalo saya mah, simpelnya, tahu halus dicampur ayam atau udang halus/cincang, wortel parut, irisan daun bawang, telor dan bumbu trus dikukus deh. Abis dikukus trus dicelup ke kocokan telur dan digoreng. Kelar..
Waktu itu mbikin ga langsung digoreng. Dan ternyata belom digoreng juga doyan aja ayah sama kak Aisyah nyemilin. Emang udah enak sih, gurih. Anak-anak emang ga cuman doyan snack manis, cemilan gurih kaya gini mereka juga suka. Jadi kalo bikin apa-apa sebenernya mah saya ga banyak kuatir, mo manis mo asin gurih pasti abis-abis aja. Banyak penadahnya, haha.. Yaayaaya.. yang bikin juga termasuk lah :P
Baeklah, jadi bagemana persisnya resep yang saya pake buat cupcake tahu ini.. mari kita liat..

http://jehsee.blogspot.com/2017/05/cupcake-tahu-isi-telur-puyuh.html

Cupcake Tahu Isi Telur Puyuh 

untuk kurang lebih 16 cupcake tahu

Bahan
1 kotak tahu putih 500 gr, haluskan
1 buah wortel, parut
5 buah udang, haluskan/cincang (kira-kira 2-3 sdm) 
(bisa diganti ayam cincang)
1 daun bawang, iris halus
2 butir telur
2 sdm tepung terigu
1 1/4 sdt garam atau sesuai selera
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk
16 butir telur puyuh rebus

Bumbu halus
2 siung bawang putih

Pencelup
1 butir telur, kocok lepas

Cara membuat:
1. Campurkan semua bahan (kecuali telur puyuh) dan bumbu halus. Isikan ke dalam cetakan. Taruh telur puyuh di atasnya. Kukus selama 20-30 menit dengan api sedang. 
note: sebelum dicetak bisa dicicip dulu dengan menggoreng sebagian adonan (ato dikukus), koreksi sesuai selera
2. Celup dengan bahan pencelup, kemudian goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan
Sajikan dengan cabai rawit atau sambal kecap

Selamat mencoba :)

Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Pindang Tuna Mantap

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa