Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Bakmi Godog Jawa


http://jehsee.blogspot.com/2017/05/bakmi-godog-jawa.html
Bismillah..
Satu jajanan wajib kalo lagi liburan ke Jogja nih, bakmi godog Jawa. Godog dari bahasa Jawa yang artinya rebus. Seperti namanya, sajian khas Jogja ini adalah berupa bakmi (mie) yang direbus. Biasanya dimasak diatas kuali besi dengan bahan bakar arang. Meski udah ada kompor, tapi para penjual bakmi godog yang orisinil tetap mempertahankan cara ini, dan justru para pembeli malah nyarinya juga yang kaya gini.
Ada beberapa warung bakmi yang populer di Jogja, diantaranya bakmi KADIN. Tapi ga setiap kali kalo pulang kampung ke Jogja saya njajan disini. Soalnya mbah Uti tersayang pasti juga bikinin menu favorit ini kalo kami pulang, hehe..

Pakemnya, bakmi godog ini isinya mie kuning atau mie telor, telor bebek, irisan kasar kol, tomat, suwiran ayam kampung, kekian terigu dan dilengkapi irisan timun dan cabe rawit. Kuahnya dari kaldu ayam kampung yang dicemplungin telor trus diaduk hingga berserabut. Guriiiih & syegeeer.. Kuahnya memang supposed to be buthek alias keruh yah teman-teman, bukan bening..
Biasanya juga ada pilihan bihun untuk campuran bakminya, dan para penjual biasanya juga punya stok telor ayam biasa untuk pembeli yang kurang suka telor bebek.. Biasanya disajikan bukan di mangkok tapi di atas piring lebar (tapi bukan yang datar yah) dengan taburan bawang goreng dan pelengkap lainnya.
Bumbunya sederhana banget, cuma bawang merah + putih, kemiri dan merica. Cara menikmatinya, kalo selera saya, tanpa tambahan apa-apa.. Kalo mau ya paling tambah kecap dikiit aja, tanpa saos atopun sambal, cukup bawang goreng dan irisan timun. Nikmati rasa asli dari gurih kuahnya bakmi jawa yang medhok. Dimaem bakminya, disruput kuahnya, trus diklethus cabe rawitnya..ahhh, syedaaaap :D
Ditutup sama teh manis yang anget, bakmi godog ini bener-bener paas banget buat dinikmati pas cuaca lagi dingin dan hujan terus gini :)
http://jehsee.blogspot.com/2017/05/bakmi-godog-jawa.html

Bakmi Godog Jawa


Bahan
1 papan mie kuning/mie telor, rebus & tiriskan
1 papan bihun, seduh & tiriskan
200 gr ayam, rebus & suwir-suwir (kali ini ga pake, keabisan :P )
750 ml kaldu ayam
2 butir telor
2 lembar kol, potong kasar
1 ikat sawi, potong kasar (opsional)
1 daun bawang, potong-potong
1 1/2 sdt garam atau secukupnya
1/2 sdt gula pasir
minyak untuk menumis

Bumbu halus
4 bawang merah
2 bawang putih
2 butir kemiri
1/2 sdt merica bubuk

Pelengkap
bakso (opsional, biasanya sih ga pake)
irisan tomat
irisan timun
cabe rawit
bawang goreng untuk taburan
kekian terigu (saya ga pake)

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus hingga matang. Tuang air kaldu, didihkan. Masukkan telor, aduk hingga berserabut. Tambahkan kol dan sawi hijau dan gula+garam.
2. Masukkan mie kuning, bihun dan suwiran ayam. Tambahkan bakso dan daun bawang + tomat. Aduk rata sebentar. Cicipi dan koreksi rasanya. Angkat
Segera sajikan dengan taburan bawang goreng, irisan timun dan cabe rawit

Ngomong-ngomong poto, itu poto asepnya ga sengaja. Pas jeprat-jepret trus ngecek hasilnya, eehh kok kliatan asepnya. Trus dicobalah poto-poto lagi sengaja pengen nangkep itu gambar asep, kok malah ga berhasil kliatan yaa, haha.. Ternyata susyah ya sodara-sodara..
Yang paling mendingan ya cuman yang ini, hihi..

Yasudah, daripada kemulan mulu karena dingin mendingan kita mbakmi dulu. Bakmi godog, anyone? ;)


Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Pindang Tuna Mantap

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa