Posts

Showing posts from May, 2017

Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Donat Water Roux

Image
Bismillah..
Udah diniatin mau bikin donat buat dibawa krucil ke sekolah besoknya, mau dikasih topping gula bubuk kaya donat jadul. Bahan udah disiapin dan pas krucilnya udah pada bobo, mulailah uprek dapur.. beberapa menit pertama lancaar.. Nhah, pas lagi tengah-tengah ngulen dengan lancarnya itu eh dikasih tau sama ayah kalo episod terakhir serial Liar Game udah keluar. Waah.. bubar jalan deh, langsung ga konsen, hahaha.. Galau pulak ini mau distop tapi udah terlanjur diulen setengah jalan, tar kalo lama didiemin adonannya bisa jadi asem kan. Kalo mau lanjut kok ya udah keburu penasaran mo tau gimana endingnya itu Liar Game,  wkwkw >.<
Akhernya banting setir deh, separoh lebih adonan dibuat roti sobek ajah. Kan mbentuknya gampang dan selama dioven bisa ditinggal-tinggal :P
Sisa adonannya barulah dibikin donat. Dibikinnya bentuk donut holes alias bola-bola donat saja supaya lebih cepet dan gampang, hehe.. Makannya juga tinggal lhep, pas buat bocah-bocah ^^

Resep donat dan rotin…

Beef Teriyaki

Image
Bismillah..
Akhernya nyobain juga resep teriyaki ala mba Monic yang udah disimpen lama ini. Gampang dan cepet ternyata, bahannya juga mudah. Memang ga bener-bener orisinil ya, karena resep ini tanpa menggunakan mirin dan sake yang biasa dipake di pembuatan teriyaki ala Jepang. Tapi lumayan lho penampakan dan rasa teriyaki versi simpel ini mirip-mirip sama yang di resto-resto itu, hehe...
Aslinya resep mba Monic menggunakan daging ayam, tapi karena pas adanya di dapur stock daging sapi ya saya pake daging sapi sajah. Enyaak... Makasih resepnya mba Mon :)

Untuk sayurannya saya bikin masakan terpisah. Tapi monggo selera saja ya, sayuran mo langsung dicampur di teriyaki nya seperti versi mba Monic juga ga masalah..


Beef Teriyaki


Bahan
450 gr daging sapi, iris tipis panjang
1/2 sdt merica bubuk

60 ml kecap asin
3 sdm light brown sugar (bisa pake gula aren atau gula merah disisir halus)
1 sdm perasan jeruk lemon atau nipis (bisa diganti cuka)
1/2 sdm jahe, haluskan
4 siung bawang putih, hal…

Cake Marmer Jadul

Image
Bismillah.. Yippiiie..! Akhernya berhasil juga cake satu ini. Duluu banget, pernah coba bikin. Tapi sayang gatoot sodara-sodaraa.. Bantet dengan suksesnya. Meski masih bisa dimakan tapi sakitnya tuh disini.. *tunjuk dompet Udah versi separo resep sih jadi pakenya cuman 5 telor, tapi tetep aja buat saya 5 telor itu lumayan banyak buat satu cake diameter 18cm, hihii.. Irit maak (ato pelit??) bin kolesterol, hehe. Emang yang pertama kali nyobain itu saya ga plek ngikutin resep asli milik Pak Sahak ini, karena saya skip emulsifiernya. Tapi kayanya sih bukan karena itu gagalnya.. soalnya liat cakenya Ummu Fatima kok ya tjakeep bener padahal juga ga pake emusifier. Sepertinya sih, saya salah di pengocokannya, mungkin kelamaan dan setelah matang juga seingat saya ngga langsung dikeluarkan dari loyang. Akhernya cakenya masih kena panas dari loyang sedangkan kalo overbaked katanya cake jenis ini malah jadinya akan menyusut kebangetan. Aduk balik minyaknya juga mungkin kurang rata jadi sebagia…

Bakmi Godog Jawa

Image
Bismillah..
Satu jajanan wajib kalo lagi liburan ke Jogja nih, bakmi godog Jawa. Godog dari bahasa Jawa yang artinya rebus. Seperti namanya, sajian khas Jogja ini adalah berupa bakmi (mie) yang direbus. Biasanya dimasak diatas kuali besi dengan bahan bakar arang. Meski udah ada kompor, tapi para penjual bakmi godog yang orisinil tetap mempertahankan cara ini, dan justru para pembeli malah nyarinya juga yang kaya gini.
Ada beberapa warung bakmi yang populer di Jogja, diantaranya bakmi KADIN. Tapi ga setiap kali kalo pulang kampung ke Jogja saya njajan disini. Soalnya mbah Uti tersayang pasti juga bikinin menu favorit ini kalo kami pulang, hehe..

Pakemnya, bakmi godog ini isinya mie kuning atau mie telor, telor bebek, irisan kasar kol, tomat, suwiran ayam kampung, kekian terigu dan dilengkapi irisan timun dan cabe rawit. Kuahnya dari kaldu ayam kampung yang dicemplungin telor trus diaduk hingga berserabut. Guriiiih & syegeeer.. Kuahnya memang supposed to be buthek alias keruh yah t…

Cupcake Tahu Isi Telur Puyuh

Image
Bismillah..
Cupcake tahu? Tahu dibikin cupcake manis buat dessert gituh? Nggaaa.. Ini tetep snack gurih kok. Sebenernya sama kaya tahu sakura gitu, cuman tahu sakura kan dicetaknya pake cetakan bunga sakura, nhah ini tahunya dicetak pake cetakan cupcake. Makanya saya kasi nama cupcake.. suka-suka yang bikin & kasih nama aja lah ya, hehehe.. Sebenernya udah terinspirasi bikin ini sejak liat postingan tahu isi di Momylicious. Jadi pas udah dapet telur puyuh, langsung dieksekusi deh. Kalo teh Ayu ditumis dulu biar makin gurih..kalo saya mah langsung kukus wae lah, soale cuciannya udah banyak hihihi.. Matur tengkyu ya teh, resep & inspirasinya :*

Jadi kalo saya mah, simpelnya, tahu halus dicampur ayam atau udang halus/cincang, wortel parut, irisan daun bawang, telor dan bumbu trus dikukus deh. Abis dikukus trus dicelup ke kocokan telur dan digoreng. Kelar.. Waktu itu mbikin ga langsung digoreng. Dan ternyata belom digoreng juga doyan aja ayah sama kak Aisyah nyemilin. Emang udah …

Pumpkin Marble Cake

Image
Bismillah..
Sudah beberapa kali bikin pumpkin marble cake ala Ummu Fatima ini. Dan tiap kali bikin cepet banget abisnya dan anak-anak masih minta lagi. Sama deh kaya anak-anaknya Ummi, itu duo krucil begitu udah nyomot satu eh balik lagi balik lagi, ga bisa berenti makan sebelom abis. Emang beneran enaak.. Teksturnya spongy, lembuut dan tentunya super moist. Ya iyes lah ya, pake labu kuning gitu lhoh.. Labu kuningnya berasa samar-samar tapi khas. Warnanya pun jadi gonjreng cantiiik.. Dan karena teksturnya yang spongy, maem banyak ga bikin mblenger kenyang kok. Cucoklah pokoknya, hihi..


Dan tiap kali bikin juga, cakenya memang selalu menyusut dan agak berpinggang. Tapi ya wajar karena selain resep cake ini tanpa bahan pengembang, kandungan labu kuningnya juga otomatis membuat adonan cake menjadi lebih 'berat'. Kalo dipotongnya macem round cake seperti cake marmer pak Sahak atau sour cream chocolate cake gitu jadinya kurang cantik. Jadi supaya tetep cantik, bagian pinggirnya sa…

Chocolate Chips Muffin

Image
Bismillah.. Muffin adalah salah satu kue favoritnya Aisyah. Kalau Hasna selalu ngincer dan milih donat tiap kali ke bakery, nhah kalau Aisyah lebih suka ambil muffin. Muffin coklat, muffin vanilla, choco chips muffin atau yang dengan buah-buahan di dalemnya, semua dia suka. Muffin di bakery memang tampilannya menggiurkan. Ukurannya jumbo, crisp di atas dengan dome yang cantik dan pas digigit, nyess.. lembut bin empuuuk.. Moiiist bener, pake apa itu ya.. *wondering
Nhah, kemaren pas nemu postingan Sally tentang Bakery-Style Choco Chips Muffin langsung deh saya tertarik. Postingannya sepertinya termasuk yang populer dengan banyak komen. Hmm.. makin meyakinkan. Jadi dicobalah bikin tapi dengan loyang muffin biasa/standar, bukan yang jumbo. Resepnya ngikut plek (kecuali penambahan rempah), termasuk juga tipsnya untuk memanggang dengan suhu tinggi di 5 menit awal kemudian diturunkan panas ovennya nya hingga matang. Dan hasilnya adalah muffin yang ngedome tinggi & cantik dengan crisp d…

Donut ala JCo

Image
Bismillah.. Aduh, sebenernya malu ini mo kasih judul donat ala JCo, abis bentuknya kok meuni plintat plintut ga mulus beginih wkwkwk.. Tapi emang bener kata empunya resep, mba Susianne Flo, donat ini emang crispy garing renyah di luar dan empuk lembyuud di dalam. Teksturnya ringan, meski menurut saya ya ga sekopong donat JCo sih, tapi donat ini memang ga sepadat donat biasa. Sama-sama lembut, tapi ga sepadet donat water-roux, ga juga sepadet donat labu kuning. Adonannya memang terasa lebih ringan, juga lebih lembek dan sedikit lebih lengket. 
Mba Susianne juga menyertakan resep topping dan fillingnya yang juga ala JCo. Yang ini saya belum nyobain karena ada satu bahan yang saya ga punya, glucose. Menurut mba Susianne, glucose adalah semacam gula cair yang dikentalkan yang fungsinya adalah untuk mencegah adonan gula mengkristal dan membuat coklat yang dilapisi glucose bisa mengkilat. Bisa diganti madu, tapi sayang kok ya madu di dapur juga lagi habis. Takpapalah, pake gula bubuk dan c…

Roti Boy Rumahan

Image
Bismillah..
Satu hari si ayah tiba-tiba request minta dibuatin coffee bun ala roti boy. Hmm, emang udah lama kami ga makan roti dengan topping kopi yang khas ini.. kangen juga.
Setelah mondar mandir nanya mbah gugel, akhernya saya pilih resep mbak Hesti. Overall saya suka hasilnya, tapi saya menyesaal mengurangi takaran kopinya, hikshikshiks.. Hasilnya jadi kurang 'ngopii'..padahal saya kan cintah sama kopi (meski cuman coffee-mix). Menurut ayah juga aroma kopinya jadi kurang nendang. Intinya, kesalahan bukan pada resep mba Hesti ya pemirsaa.. next time kalo bikin lagi saya mo ikutin resep plek aja ah, ato tambahin porsi kopinya sekalian, ehehe.. Oiya, cinnamon ato kayu manis emang setau saya bisa enhance rasa kopi di kue (& roti), jadi kalo mau skip kayu manisnya mending porsi kopi ditambahin dikit deh.. ato tambahin 1/2 sdt pasta kopi sebagai gantinya cinnamon ini.
Lalu gimana secara tekstur? Texture-wise, ini roti syedap bin lembut. Pastikan nguleninya sampe kalis elas…

Muffin Brownies Pisang | Muffin-Shaped Banana Brownies

Image
Bismillah..
Maafkan atas ke-tidakkonsisten-an judul postingan sama judul di foto di atas. Galau, ini baiknya masuk kategori muffin ato brownies aja, hehe..
Eniwei, ini adonan brownies kok sebenernya, brownies pisang tepatnya. Hanya saya panggang di cetakan muffin sehingga jadilah dia penampakannya mirip muffin coklat. Resepnya saya modif dari resep brownies populer sepanjang masa (halagh!), brownies pisang versi panggang. Porsi DCCnya saya kurangi dan coklat bubuk saya tambahkan untuk gantinya, saya juga skip bahan pengembangnya. Hasilnya? teteup enyaak, alhamdulillah :)
Bantet dong? Lha iyes, kan judulnya brownies.. eh, muffin brownies..
Tapi bantet ga berarti keras yaa. Muffin brownies ini moiiist dan legit dari pisang yang udah kematengan. Teksturnya padet tapi lembut & empuk dengan lapisan tipis alias thin crust di bagian atas yang crack-y. Syukaa... saya malah seneng kalo brownies retak-retak atasnya, lebih sekseh gtu.. :P
Dan ini bukan typical fudgy brownies yah.. karena re…

Udang Tahu Bumbu Tauco

Image
Bismillah.. Waduw..ini poto udah sejak kapan yaa.. kelamaan nangkring di draft sampe resepnya pun juga uda lupa-lupa inget :p Tapi ini masakan simpel kok, insyaAllah mah beda bumbu dikit juga masih enak, hehe.. Kali ini dimasak pedes, jadi bikinnya ga banyak karna yang makan cuman dua orang. Dimaem pake nasi anget plus krupuk, emmm.. udangnya udah manis gurih ditambah bumbu tauco jadi makin gurih, iyes banget lah pokoknya :D

Udang Tahu Bumbu Tauco
Bahan 250 gr tahu, potong dadu, goreng sebentar 250 gr udang kupas 3 bawang merah, iris tipis 2 bawang putih, geprek, cincang 1 cabai merah besar, iris serong cabe rawit jika suka pedas 2 lembar daun salam 2 sdm tauco  1/4 sdt merica bubuk garam dan gula secukupnya 100-200ml air *)
Cara membuat 1. Tumis duo bawang hingga wangi, tambahkan salam, cabe dan tauco, aduk sebentar 2. Masukkan udang, tumis sebentar kemudian tambahkan tahu dan air. Masukkan gula garam dan merica. Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut. Angkat
*) bisa ditambahkan…

Perkedel Tahu

Image
Bismillah..
Olahan biasa aja ini mah.. versi lembeknya tahu kribo. Kalo adonan tahu kribon itu agak padet, nah perkedel tahu ini versi lebih encernya. Jadi kalo pengen bikin tahu kribo tapi keenceran, ya jadinya kira-kira jadi perkedel tahu kaya gini. Tapi perkedel tahu ini mah pakenya tepung terigu biasa aja, ga pake tapioka atopun tepung beras.  Saya yakin man-teman tanpa liat resep pun udah pada bisa bikin, termasuk saya sendiri yang untuk olahan ini lebih seringnya asal cemplang cemplung. Jadi kenapa diposting? Yaa.. sayang gitu soalnya udah difoto, hehe.. Semoga resepnya tetep bermanfaat ya :)
Dan berhubung saya lagi ga kreatif nulis, jadi yuk mari kita langsung cuss ke resep ;)

Perkedel Tahu
ala mamaaisyah

Bahan
500 gr tahu putih, hancurkan/haluskan
5 sdm tepung terigu
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdt ketumbar
1 daun bawang, iris halus
1 1/4 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
air secukupnya (saya: +/- 50 ml)
minyak untuk menggoreng

Cara membuat
1. Hancurkan tahu (saya pakai imm…

Cilok

Image
Bismillah.. Hayoh, sapa yang jajanannya dari SD sampe emak-emak gini ga bisa move on dari cilok angkat tangaaan..!! Hehe.. emang cemilan super sehat sepanjang masa ini ya. Cuman aci diaerin trus dimasak dan dicocol ke sambel kacang etapi kok ya enaak. Kenyal kenyil bikin nagih, hihi.. Sekarang mah udah macem-macem ya kreasinya, ada yang diisi daging, abon, telor, keju.. Kalo yang saya inget, dulu pas SD saya suka banget jajan cilok ini (tapi di jogja disebutnya bukan cilok sih, pentol kalo ga salah mah). Ciloknya kecil keciiil banget, plastiknya juga mini dan ga pake isi. Trus kalo ciloknya udah abis, plastiknya ga langsung dibuang. Harus diisep-isep dulu sambelnya di plastik sampe tak bersisa, hehe.. Berapaan itu dulu ya, 25 rupiah juga udah dapet seplastik mini kayanya..
Nhah, beberapa hari lalu ceritanya kami lagi bikin siomay kuah. Karena bikin kaldunya lumayan banyak, jadi saya sisihkan kaldunya sebagian buat bikin cilok. Apa harus pake aer kaldu? ya ga harus sih, cuma lebih enak gur…

Ayam Panggang Pedas

Image
Bismillah..
Sebenarnya waktu itu saya lagi pingin bikin ayam bekakak. Pas liat stok di kulkas, ternyata semua ayamnya udah dipotong-potong sama ayah. Yowes, jadinya bikin ayam panggang pedas biasa aja. Tapi dengan resep dan bumbu yang sama juga bisa dibikin ayam bekakak yah man-teman. Tinggal ayamnya dibelah bagian dadanya hingga ke bawah, kemudian direntangkan. Panggang atau bakarnya bisa dengan arang, bisa juga dengan oven atau bisa juga kaya saya ini, pake teflon saja. Praktis :)
Tingkat kepedasan juga disesuaikan saja ya, bisa ditambahkan cabe rawit kalo mau. Kali ini saya pake cabe merah besar, yang ternyata pedasnya kurang nendang buat saya. Kalo saya ma suami sih masih butuh sambel lagi, hehe.. tapi buat kak Aisyah ini pas, karna dia udah mulai suka pedes tapi yang ga terlalu nggigit. Kalo Hasna & Hannah? Masakan buat mereka mah beda lagi, alias musti masak sedikitnya 2 menu kalo lagi pengen masakan pedes kaya gini.. Agak rempong emang ya, tapi demi makan enak rempong diki…

Martabak Manis Green Tea/Matcha [Tanpa Ragi]

Image
Bismillah..
Udah beberapa lama ini saya penasaran sama greentea powder alias matcha. Kayaknya lagi booming banget ya. Karena tau saya penasaran banget, alhamdulillah ada temen yang trus ngasih satu kemasan kecil grinti buat saya. Waah, syenangnyaaa... cuman 10 gr tapi berhargaaa :D Makasih ya Chacaaa :*
Disini agak susah nyari grinti powder, kebanyakan bentuknya minuman atau bubuk minuman instan. Dan itu biasanya udah dicampur gula dan jahe karena memang untuk minuman. Nhah yang temen saya punya ini ternyata bawa dari Indo, belinya di TBK di Bandung. Kalo temen-temen pengen juga, kayanya matcha atau greentea powder ini udah lumrah di TBK di kota-kota besar. Setau saya juga udah banyak yang jual online di IG. Monggo ditelusuri yaa..
Ok, project grinti yang pertama: martabak manis. Kenapa? Selain karna kami doyan martabak, ngileer juga euy liat foto-foto martabak grinti yang berseliweran. Katanya saking ngehitsnya di Bandung & Jakarta, orang sampe rela antri lamaa buat dapet martab…

Sosis Balur Tepung ala CornDog

Image
Bismillah.. Pernah dengar corndog teman-teman? Bukaan..bukan dari dog :D  Corn dog adalah jajanan pinggir jalan (street food) yang populer di US. Kalo di kita macem gorengan atau bakwan gitu kali yah, hehe.. Nhah corn dog ini terbuat dari hot dog atau lebih kita kenal dengan sosis yang dibaluri dengan adonan corn meal kemudian digoreng di minyak panas suhu 180 C.
Karena saya ga lumrah dengan corn meal, saya ganti corn mealnya dengan tepung panir alias tepung roti. Teksturnya hampir mirip soalnya..tapi dari segi rasa jelas berbeda ya. Kalau mo tetep pake corn meal monggo ya, tinggal di-substitute dengan jumlah yang sama. Menurut saya sih yang versi tepung panir ini enak. Agak mirip churros, tapi yang ini manis gurih. Trus dicocol mayonaise atau saus, yumm.. Anak-anak doyan bangeet, seneng dibikinin ini. Lumayan buat snack sesekali. Tapi ga bisa sering-sering juga bikinnya, saya batasin konsumsi sosis anak-anak soalnya :)
Sosis Balur Tepung ala CornDog
Bahan 5 sdm tepung terigu 5 sdm te…